GELOMBANG RADIO

 Hae kawan....
Kali ini saya akan berbagi mengenai gelombang radio. Apa itu gelombang radio, mari kita bahas...


Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik, dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dari gelombang osilator (gelombang pembawa) dimodulasi dengan gelombang audio (ditumpangkan frekuensinya) pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi gelombang radio (RF; "radio frequency")) pada suatu spektrum elektromagnetik, dan radiasi elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun magnetik.
Frekwensi dan Panjang Gelombang
  • Frekwensi adalah ukuran jumlah putaran ulang per peristiwa dalam satuan waktu yang diberikan. Frekwensi juga dapat diartikan banyaknya getaran gelombang yang terjadi dalam waktu satu detik. Rumus dari frekwensi adalah jumah getaran dibagi dengan jumlah detik waktu. Satuan frekwensi adalah Hertz.
  • Panjang gelombang adalah jarak yang ditempuh gelombang yang terjadi dalam satu satuan waktu.
Modulasi
  • Modulasi adalah proses perubahan (varying) suatu gelombang periodik sehingga menjadikan suatu sinyal mampu membawa suatu informasi. Dengan proses modulasi,suatu informasi (biasanya berfrekwensi rendah) bisa dimasukkan ke dalam suatu gelombang pembawa,biasanya berupa gelombang sinar berfrekwensi tinggi.
  • Terdapat 3 parameter kunci pada suatu gelombang sinusiuodal,yaitu : Amplitudo,Fase, dan Frekwensi. Ketiga parameter tersebut dapat dimodifikasi sesuai dengan sinyal infomasi (berfrekwensi rendah) untuk membentuk sinyal yyang termodulasi.
  • Modulasi terdiri dari dua :
  1. Modulasi analog
  2. Modulasi digital
  1. Modulasi Analog

    Dalam modulasi analog,proses modulasi merupakan respon atas informasi sinyal analog. Teknik yang dipakai :
  1. Angle modulation
  • Modulasi fase (Phase Modulation – PM)
  • Modulasi frekwensi (Frekwency Modulation – FM)
  1. Modulasi amplitudo (Amplitudo Modulation – AM)
  • Double – sideband modulation with unsuppressed carrier (used on the radio AM band)
  • Double – sideband suppressed – carrier transmission (DSB – SC)
  • Double – sideband reduced carrier transmission (DSB-RC)
  • Single-sideband modulation (SSB, or SSB-AM),very similar to single sideband suppressed carrier modulation (SSB-SC)
  • Vestigial-sideband modulation (QAM)
  1. Modulasi Digital
    Modulasi digital merupakan proses penumbangan sinyal digital (bit stream) ke dalam sinyal carrier. Modulasi digital sebenarnya adalah proses mengubah-ubah karakteristik dan sifat gelombang pembawa (carrier) sedemikian rupa sehingga bentuk hasilnya (modulated carrier). 


Untuk mengirim digunakan media transmisi fisik (logam/optic) atau non fisik (gelombang radio) dikenal 3 prinsip / sistem modulasi digital,yaitu : ASK,FSK, dan PSK
a. ASK (Amplitude Shift Keying) atau pengiriman berdasarkan pergeseran amplitude merupakan suatu metode modulasi dengan mengubah-ubah amplitude.
b.      FSK (Frequency Shift Keying) atau pengiriman sinyal melalui perggeseran frekuensi. Metode ini merupakan modulasi bentuk modulasi yang memungkinkan gelombang modulasi menggeser frekuensi output gelombang pembawa.
c.       PSK (Phase Shift Keying) atau pengiriman sinyal melalui pergeseran fase merupakan suatu bentuk modulasi di antara nilai-nilai diskrit yang telah ditetapkan sebelumnya


mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan kali ini. sekian dan terimakassih

Komentar

Postingan Populer