Pengertian Firewall

Haae kawan...
Kali ini saya akan berbagi mengenai Pengertian firewall dan jenis-jenisnya. Sebelumnya kita pasti sudah tidak asing lagi dengan firewall khususnya bidang IT. Nah berikut sedikit penjelasan tentang firewall.


Firewall
Firewall merupakan sebuah dinding yg dibangun untuk memperlambat atau menghentikan pernyebaran api. Dalam ilmu komputer firewall adalah sebuah perangkat lunak (software) untuk memonitoring lalu lintas jaringan. Firewall memiliki seperangkat aturan yang diterapkan untuk setiap paket. Aturan memutuskan apakah paket bisa lewat,atau apakah paket itu akan dibuangBiasanyafirewall ditempatkan antara jaringan yangdipercayadan satu jaringan yang kurang terpercaya. Ketika jaringan besar perlu dilindungi, perangkat lunak firewall sering berjalan pada hardware khusus. Firewall melindungi salah satubagian dari jaringan terhadap akses yang tidak sah.

Berbagai jenis Firewall : 
  1. Packet filteringData perjalanan di internet dalam potongan-potongan kecil, disebut dengan paket.Setiap paket telah terdapat metadata tertentu yang melekat, dari mana ia berasal, dan di mana harus dikirimkan. Hal termudah untuk melakukannya adalah dengan melihat metadata. Berdasarkan aturan, paket tertentu kemudian menjatuhkan atau ditolak. Semua firewall dapat melakukan ini. itu dikenal sebagai lapisan jaringan  
  2. Inspeksi stateful packetSelain packet filtering sederhana (di atas) semacam ini firewall juga melacak koneksi. Sebuah paket dapat menjadi awal dari koneksi baru, atau dapat menjadi bagian dari koneksi yang ada. Jika itu adalah baik dari dua, itu mungkin berguna dan dapat dijatuhkan.  
  3. Aplikasi-layer firewallAplikasi-layer firewall tidak hanya melihat metadata; mereka juga melihat data aktual diangkut. Mereka tahu bagaimana protokol tertentu bekerja, misalnya FTP atau HTTP. Mereka kemudian dapat melihat jika data yang ada di paket ini berlaku (untuk protokol yang). Jika tidak, hal itu dapat dijatuhkan.



Sumber :
https://simple.wikipedia.org/wiki/Firewall_%28networking%29 

Komentar

Postingan Populer