Pengenalan dan langkah instalasi cisco packet tracer


hae kawan kali ini saya akan berbagi tentang packettracer dan bagaimana cara instalasinya.


Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk mensimulasikan konfigurasi router Cisco dan switch menggunakan antarmuka baris perintah simulasi. Packer Tracer memungkinkan pengguna untuk menambah dan menghapus perangkat jaringan simulasi seperti yang mereka lihat cocok.

Packet Tracer mendukung sebuah array dari protokol Application Layer simulasi, serta dasar routing dengan RIP, OSPF, EIGRP, BDP, dengan luasan yang dibutuhkan oleh kurikulum CCNA saat ini.
Fungsinya adalah  untuk merancang sebuah sistem atau topologi jaringan yang akan diterapkan pada dunia nyata/kerja, karena kalau kita merancang topologi jaringan komputer tanpa bantuan aplikasi seperti ini bisa membutuhkan biaya yang mahal
Tujuan utama Packet Tracer adalah menyediakan alat bagi siswa/mahasiswa, pengajar/dosen, atau praktisi agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun keahlian di bidang alat0alat jaringan Cisco.



Berikut tutorial instalasi cisco packet tracer:

1. Pertama siapkan terlebih dahulu file dari packet tracer. Bisa download disini.

2. Extract file yang telah didownload tadi. Bisa lewat mode GUI dan CLI(terminal). Disini saya menggunakan GUI.

3. Kemudian kita masuk ke terminal dan pindah ke folder packet traces tadi. Disini saya letakkan di /home/al-ikhsan/Pictures/PacketTracer62/. Ketikkan perintah berikut:  # cd /home/al-ikhsan/Pictures/PacketTracer62/

4. Setelah itu install packet tracer dengan perintah berikut: # ./install



5. Kemudian akan muncul notifikasi, klik enter terus sampai 100%.
6. kemudian muncul peringatan seperti dibawah, ketikkan Y > enter

7.  Proses instalasi berhasil jika muncul pesan berikut.
8. Kemudian buka cisco packet tracer dengan perintah berikut 
#packettracer



9. Akan muncul peringatan, klik OK saja.
  
10. Kemudian akan masuk ke packettracer





Dengan adanya software simulasi semacam packet tracer ini, maka sangat memberi kemudahan kepada kita untuk mempraktekkan teori-teori yang telah kita dapat. Kita hanya perlu menginstall software, dan tidak perlu membeli device-device yang kita perlukan. Dan software ini biasa  digunakan untuk para ahli jaringan sebelum mengerjakan sebuah jaringan di perusahaan atau instansa-instansi terkait. 
 
Cukup sekian dan terimakasih... Semoga bermanfaat.  

Komentar

Postingan Populer